MAU TAHU CARA SUKSES MENEMPUH UN ? INI CARANYA !

Halo adik-adik pelajar. Tak lama lagi kalian akan menempuh Ujian Nasional, khususnya kalian yang duduk di SMA/SMK dan sederajat dan kalian yang di SMP. Hal itu berarti ada sesuatu yang harus kalian persiapkan agar kalian sungguh-sungguh siap dalam menghadapinya. Persiapan itu tentunya bukan sesuatu yang akan menjamin kalian bisa lulus atau tidak. Namun hal itu sebagai “modal” kalian untuk mencapai keberhasilan di akhir masa studi kalian di tingkat SMA/SMK atau di tingkat SMP. Berbagai hal yang kiranya perlu kalian persiapkan tersebut di antaranya adalah sebagai berikut.

Menjaga Kesehatan Fisik

Menjaga kesehatan fisik adalah sesuatu yang sangat penting dan keharusan yang perlu kita perhatikan dalam hidup. Karena kesehatan fisik atau badan kita akan menjamin kita untuk mampu atau tidaknya kita secara optimal melakukan suatu perbuatan. Sebagai contoh, kalau kita sedang sakit tentu kita sulit untuk berkonsentrasi. Kesehatan fisik itu dapat diupayakan melalui beberapa hal. Di antaranya istirahat yang cukup, makan yang teratur, olahraga secara teratur dan makan makanan yang bergizi.

Buatlah Jadwal Belajarmu

Selain menjaga kesehatan fisik, membuat jadwal belajar adalah hal yang perlu juga kalian persiapkan sebelum menghadapi Ujian Nasional. Bahkan sebagai seorang siswa sebenarnya jadwal belajar ini merupakan suatu keharusan yang harus Anda miliki. Jadwal belajar yang Anda buat itu akan menuntun kalian dalam melakukan kegiatan belajar. Selain itu, juga dapat membuat Anda belajar secara teratur dan terarah sehingga hasilnya pun juga akan lebih baik. Jadwal belajar ini sebaiknya dilakukan secara disiplin.

Buatlah Ringkasan

Materi yang Anda pelajari saat ini dalam mempersiapkan Ujian Nasional biasanya relatif banyak. Jika kita mempelajarinya satu per satu, kemungkinan yang akan terjadi adalah waktu kita lebih banyak terbuang pada satu atau dua mata pelajaran saja, sehingga kegiatan belajar kita menjadi tidak efektif dan efisien. Salah satu cara yang dapat mengatasi keadaan seperti itu adalah dengan membuat ringkasan materi. Ringkasan materi ini akan memberikan kalian informasi secara singkat namun cukup jelas. Sehingga dengan demikian kegiatan belajar Anda akan menjadi lebih efektif dan efisien.

Mintalah Bantuan

Ketika kalian menjumpai kesulitan dalam memahami suatu pokok bahasan atau rumus tertentu, mintalah bantuan kepada orang lain yang lebih memahami materi tersebut. Kalian bisa menanyakannya kepada teman Anda yang menguasai materi tersebut atau bahkan langsung bertanya kepada guru yang bersangkutan. Bila diperlukan kalian juga dapat membuat kelompok diskusi/belajar agar dapat memecahkan persoalan tersebut secara bersama-sama. Sebaiknya kelompok belajar yang dibuat tersebut adalah kelompok kecil yang beranggotakan maksimal lima orang.

Jangan Lupa Berdoa

Usaha sekeras apapun tak akan memiliki arti apa-apa kalau kita tidak melibatkan Tuhan dalam usaha dan rencana kita. Oleh karena itu perlu kiranya kalian juga melibatkan Tuhan dalam setiap usaha dan kegiatan belajar Anda, sehingga usaha dan kegiatan yang kalian lakukan tersebut mendapat berkat dariNya. Hal ini dapat kalian lakukan dengan berdoa kepadaNya sesuai dengan keyakinan Anda masing-masing.

– – S E M O G A   S U K S E S – –

credit : http://amandustena.wordpress.com/2011/03/27/kiat-sukses-menempuh-ujian-nasional/

Leave a comment